Rabu, 22 Agustus 2012

Aamir 'H' Khan

********************************
Mr Perfecs........
*****************************

Aamir Khan

oleh Warawiri Khan pada 30 Juli 2011 pukul 17:19 ·
Aamir Kha
Aamir Khan Lahir 14 Maret 1965 (umur 46)
Mumbai, Maharashtra Mumbai, Maharashtra Pekerjaan Aktor, Produser, Sutradara, Penulis Naskah Tahun aktif 1973 - 1974, 1984, 1988 - 2001, 2005 - present Pasangan Kiran Rao (2005 - present)
Reena Dutta (1987 - 2002)
Aamir Khan (bahasa Hindi: आमिर ख़ान, bahasa Urdu: عامر خان, lahir dengan nama lahir Aamir Hussain Khan  14 Maret 1965; umur 46 tahun) adalah Aktor, Sutradara, dan Produser di industri film Bollywood.
Aamir Khan memulai debut kariernya sebagai seorang aktor dalam film anak milik pamannya sendiri Nasir Hussain Yaadon Ki Baaraat (1973), sebelas tahun kemudian Khan terjun ke karier profesionalnya dengan film, Holi (1984). Sukses komersial pertamanya di dapat dari film Qayamat Se Qayamat Tak (1988) yang memenangkan Penghargaan Festival Film sebagai Debut Aktor terbaik (Filmfare Award for Best Debut Actor). Setelah tujuh nominasi sebelumnya selama tahun 1980-an dan 1990-an, Khan menerima pertamanya Penghargaan Aktor terbaik Filmfare (Filmfare Award for Best Actor) untuk penampilannya di Raja Hindustani (1996). [4] [5] Di tahun 2001, ia memulai debutnya sebagai produser film dengan nominasi Academy Award Lagaan. Khan memainkan peran utama dalam film ini dan memperoleh penghargaan kedua sebagai Aktor Terbaik (Filmfare Best Actor Award) untuk penampilannya.
Setelah istirahat empat tahun dari akting, Khan tampil apik dengan Ketan Mehta's Mangal Pandey: The Rising (2005), yang memenangkan penghargaan Kritik Filmfare Award untuk Best Performance untuk perannya di Rang De Basanti (2006). Pada tahun 2007, dia membuat debut sebagai sutradara dengan Taare Zameen Par, dan dihadiahi sebagai Sutradara Terbaik Filmfare Award. Kemenangan ini diikuti oleh Ghajini (2008), yang menjadi film dengan penjualan terlaris paling tinggi, dan film 3 idiots (2009), yang telah menjadi film Bollywood yang paling sukses sepanjang masa, tanpa terpengaruh adanya inflasi. [6] Pada tahun 2010, Pemerintah India menghormatinya dengan Bhushan Padma untuk sumbangannya terhadap perfileman India.
Masa Kecil
Khan lahir di Rumah Sakit Bandra Holy Family, Mumbai, India. Dia berasal dari keluarga [Muslim 7] Pathan yang memang telah aktif terlibat dalam industri film India selama beberapa dekade. Ayahnya, Tahir Hussain, adalah seorang produser film, sementara pamannya, Nasir Hussain, adalah seorang produser film juga sebagai direktur dan seorang aktor.
Aamir Khan merupakan keturunan ulama dan politikus Maulana Abul Kalam Azad [8] dan sepupu kedua dari mantan Ketua Rajya Sabha Dr Najma Heptullah.
Karir Film
Aktor Awal karir film Khan dimulai sebagai aktor anak di sebuah rumah produksi, yang dibuat oleh Nasir Hussain, berjudul Yaadon Ki Baraat (1973) dan Madhosh (1974). Sebelas tahun kemudian, ketika diia dewasa debut aktingnya dimulai dalam peran yang tidak terlalu dikenal 'Ketan Mehta's Holi' (1984).
Peran penting pertama Khan yang menuai sukese datang pada tahun 1988 dalam film Qayamat Se Qayamat Tak yang distradarai oleh sepupunya Nasir Hussain's Mansoor Khan. Film ini sukses secara komersial, dan efektif melesatkan karier Khan sebagai aktor utama. Setelah mengambil peran 'pahlawan coklat khas', dia pun menjadi idola remaja. Khan juga membintangi film yang mendapatkan penghargaan kritikus Raakh, sehingga mendapat penghargaan pertamanya pada Penghargaan Nasional untuk Penghargaan Khusus Dewan Juri. Setelah itu, dia terus muncul dalam film-film lain di era 80-an akhir dan 90-an awal: Dil (1990), yang menjadi film terlaris tahun tertinggi, [9] Dil Hai Ke Manta Nahin (1991), Jo Jeeta Wohi Sikandar (1992), Hum Hain Rahi Pyar Ke (1993) (untuk yang juga menulis skenario), dan Rangeela (1995). Kebanyakan film-film ini sukses kritis dan komersial. [10] [11] [12] keberhasilan lainnya termasuk Andaz Apna Apna, co-dibintangi Salman Khan. Pada saat rilis film ini kurang menguntungkan ditinjau oleh para kritikus, namun selama bertahun-tahun telah memperoleh status kultus. [13]
Khan terus bertindak hanya dalam satu atau dua film setahun, sebuah sifat lazim bagi seorang aktor film Hindi mainstream. Satu-satunya rilis pada tahun 1996 adalah diarahkan Varun Darshan Raja Hindustan blockbuster komersial di mana ia dipasangkan sebaliknya Karisma Kapoor. Film tersebut mendapat dia pertama Filmfare Best Actor Award, setelah tujuh nominasi sebelumnya, dan kemudian menjadi hit terbesar tahun ini, serta ketiga tertinggi terlaris film India pada 1990-an [14 karier] Khan tampaknya memukul. sebuah dataran tinggi pada saat ini waktu, dan sebagian besar film mengikuti selama beberapa tahun berikutnya hanya sebagian berhasil. Pada tahun 1997, ia bersama-bintang dengan Ajay Devgan dan Juhi Chawla pasangan berlawanan dalam film Ishq, yang dilakukan baik di box office. Pada tahun 1998, Khan muncul dalam Ghulam cukup sukses, yang ia juga tidak bernyanyi pemutaran [15] John Mathew Matthan's Sarfarosh (1999)., Rilis pertama Khan pada tahun 1999, juga cukup sukses, mendapatkan vonis yang box office di atas rata-rata. Film ini sangat dihargai di antara para kritikus dan peran Khan sebagai berdedikasi, jujur dan uncorrupted polisi terlibat dalam melawan terorisme di perbatasan, sudah diterima dengan baik, seperti perannya dalam Bumi rumah seni film Deepa Mehta. rilis pertama dalam milenium baru, Mela, di mana ia bertindak bersama kakak nyata hidupnya Faisal Khan, adalah baik kotak-kantor dan kritis bom. [16]
Pada tahun 2001 ia muncul di Lagaan. Film ini sukses kritis dan komersial besar, [17] dan menerima nominasi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards 74. Selain itu, film ini mengumpulkan pujian kritis di beberapa festival film internasional, di samping India banyak memenangkan penghargaan, termasuk Penghargaan Film Nasional. Khan sendiri memenangkan kedua Filmfare Best Actor Award. Film ini terus menjadi salah satu film Hindi yang paling populer di barat.
Keberhasilan Lagaan diikuti oleh Dil Chahta Hai akhir tahun itu, di mana Khan peran utama bersama dengan Akshaye Khanna dan Saif Ali Khan, Preity Zinta bermain dengan bunga cintanya. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Farhan Akhtar itu pendatang baru. Menurut kritikus, film ini memecahkan dasar baru dengan menunjukkan pemuda perkotaan India karena mereka benar-benar hari ini. Karakter digambarkan adalah modern, ramah tamah dan kosmopolitan. Film ini memang cukup baik dan sukses sebagian besar di kota-kota urban. [17]
Khan kemudian mengambil empat tahun istirahat mengutip masalah pribadi, dan kembali pada tahun 2005 dengan Ketan Mehta's Mangal Pandey: The Rising memainkan peran judul sebuah sepoi nyata dan seorang martir yang membantu memicu Pemberontakan India tahun 1857 atau 'Pertama Perang Kemerdekaan India '.
Rakeysh Omprakash Mehra pemenang, Rang De Basanti, adalah rilis pertama Khan pada tahun 2006. Perannya adalah kritis acclaimed, [18] produktif dia Kritik Filmfare Award untuk Best Performance dan berbagai nominasi untuk Aktor Terbaik. Film ini kemudian menjadi salah satu film terlaris tertinggi tahun, [19] dan terpilih sebagai resmi India masuk ke Oscar. Meskipun film tersebut tidak terpilih sebagai calon, ia menerima nominasi untuk Best Foreign Film pada BAFTA Awards di Inggris. bekerja Khan dalam film berikutnya, Fanaa (2006) juga dihargai, [20] dan film kemudian menjadi salah satu film terlaris tertinggi India tahun 2006. [19]
Film 2007-Nya, Taare Zameen Par (Seperti Bintang di Bumi), juga diproduksi oleh dia dan menandai debutnya sebagai sutradara. Film, yang merupakan korban kedua dari Aamir Khan Productions, membintangi Khan dalam peran pendukung sebagai seorang guru yang berteman dan membantu anak disleksia. Dibuka untuk tanggapan yang sangat baik dari kritikus dan khalayak sama. kinerja Khan adalah diterima dengan baik, meskipun ia sangat memuji untuk mengarahkan nya.
Pada tahun 2008, Khan muncul dalam film Ghajini. Film ini mengalami sukses besar [21] dan menjadi film terlaris Bollywood tertinggi tahun itu. Untuk kinerja di film, Khan menerima beberapa nominasi Aktor Terbaik di berbagai upacara penghargaan serta nominasi lima belas nya Filmfare Best Actor.
Pada tahun 2009 Khan muncul dalam film komersial dan kritis 3 idiots diakui sebagai Ranchodas Chanchad sangat dihargai. Film ini menjadi salah satu film Bollywood terlaris tertinggi [6] dan memenangkan beberapa penghargaan termasuk Best Picture Filmfare. [22] Produsen
Pada tahun 2001 Khan mendirikan sebuah perusahaan produksi yang dikenal sebagai Aamir Khan Productions. Film pertamanya adalah Lagaan. Film ini dirilis pada tahun 2001, dibintangi Khan sebagai aktor utama. Film ini terpilih sebagai resmi masuk ke India 74 Academy Awards dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Ia akhirnya dipilih dan dinominasikan dalam kategori itu, tetapi kalah dari No Man's Land. Film ini memenangkan banyak penghargaan di beberapa fungsi penghargaan India seperti Filmfare dan IIFA, dan memenangkan National Film Award untuk Paling Populer Film, penghargaan dibagi antara Khan dan sutradara film itu, Ashutosh Gowarikar [23] Khan. kemudian berkomentar pada hilangnya Lagaan di Oscar: "Tentu saja kami kecewa Tetapi hal yang benar-benar membuat kami dalam roh kita adalah bahwa seluruh negara di belakang kami"..
Pada tahun 2007 ia menghasilkan drama Taare Zameen Par (Seperti Bintang di Bumi) yang menandai debutnya sebagai sutradara. Khan juga memainkan peran pendukung dalam film ini, berbagi layar dengan aktor debut anak Darsheel Safary. Film ini awalnya dipahami dan dikembangkan oleh tim suami dan istri, Amole Gupte dan Deepa Bhatia. Ini adalah kisah tentang seorang anak muda yang menderita di sekolah sampai guru mengidentifikasi dia sebagai disleksia. Film ini diakui kritis, [24] serta sukses box office. Taare Zameen Par memenangkan 2008 Filmfare Award sebagai Best Movie serta sejumlah Filmfare lain dan Star Screen Awards. bekerja Khan memenangi dua penghargaan di Filmfare, Movie Terbaik dan Sutradara Terbaik penghargaan, yang didirikan statusnya sebagai produser film yang kompeten di Bollywood.
Pada tahun 2008, Khan meluncurkan debut keponakannya Imran Khan dalam film Jaane Tu Ya Jaane Na di bawah rumah produksi nya. Film ini menjadi hit besar di India, dan akhirnya memperoleh Khan lain nominasi untuk Best Film di Filmfare. [25] Kehidupan pribadi
Aamir dengan Amerika Serikat Sekretaris Negara Hillary Rodham Clinton pada tahun 2009.
Selama tahun-tahun Qayamat Se Qayamat Tak, Khan menikah Reena Dutta. Mereka punya dua anak, seorang putera bernama Junaid dan seorang putri, Ira. Reena terlibat, secara singkat, dalam karier Khan ketika ia bekerja sebagai produser untuk Lagaan. Pada bulan Desember 2002, Khan mengajukan gugatan cerai, mengakhiri pernikahan 15 tahun, dengan Reena mengambil hak asuh kedua anak-anak mereka. Pada tanggal 28 Desember 2005, ia menikah dengan Kiran Rao yang pernah menjadi asisten sutradara Ashutosh Gowariker selama pembuatan film Lagaan. [26]
Meskipun dinominasikan berkali-kali, Khan tidak menghadiri upacara penghargaan film India ketika dia merasa "kurangnya kredibilitas penghargaan film India" [27] Pada tahun 2007., Khan diundang untuk memiliki imitasi lilin dirinya dipajang di Madame Tussauds di London. [28] Namun, Khan menolak menyatakan bahwa, "Ini tidak penting bagi saya ... orang akan melihat film saya jika mereka mau. Juga, saya tidak bisa berurusan dengan banyak hal, saya bandwidth hanya untuk yang banyak" [29. ]
Pada tahun 2007, Khan kehilangan pertempuran hak asuh untuk adik laki-lakinya Faisal kepada ayah mereka, Tahir Hussain [30] Ayahnya meninggal pada 2 Februari 2010.. [31]
Dalam sebuah wawancara 2009, Khan menyatakan bahwa ia cenderung untuk mengambil pendekatan independen terhadap dunia pembuatan film, mencatat bahwa ia tidak "melakukan hal yang berbeda, saya mencoba untuk melakukannya dengan cara yang berbeda. Saya pikir setiap orang harus mengikuti-Nya / nya mimpi dan mencoba dan memungkinkan untuk menciptakan kemampuan untuk mencapai hal itu didukung oleh kepraktisan nya. " Ia juga menunjukkan bahwa dia lebih tertarik dalam proses pembuatan film dari pada hasil akhir: "Bagi saya, proses ini lebih penting, lebih menyenangkan saya. Ingin memiliki seluruh konsentrasi saya pada proses yang tepat dari langkah pertama. " Ketika ditanya tentang model peran, dia menyatakan bahwa, "adalah Gandhiji satu orang yang menginspirasi saya!" [. 32] [relevan? - Mendiskusikan]


  • 1 Filmography
    • 1.1 Aktor
    • 1.2 Latar Belakang Musik
    • 1.3 Produser
    • 1.4 Penulis/Sutradara
  • 2 Rujukan
 Filmography
Lihat pula: Penghargaan Yang Diterima oleh Aamir Khan
 Aktor
Tahun Film Peran Catatan 1973 Yaadon Ki Baaraat Ratan Muda
1974 Madhosh Aktor Cilik
1984 Holi Madan Sharma
1988 Qayamat Se Qayamat Tak Raj Juara, Aktor Terbaik
Nominasi, Aktor Terbaik 1989 Raakh Aamir Hussein Nominasi, Aktor Terbaik Love Love Love Amit
1990 Awwal Number Sunny
Tum Mere Ho Shiva
Dil Raja Nominasi, Aktor Terbaik Deewana Mujh Sa Nahin Ajay Sharma
Jawani Zindabad Shashi
1991 Afsana Pyaar Ka Raj
Dil Hai Ki Manta Nahin Raghu Jetley Nominasi, Aktor Terbaik Isi Ka Naam Zindagi Chotu
Daulat Ki Jung Rajesh Chaudhry
1992 Jo Jeeta Wohi Sikandar Sanjaylal Sharma Nominasi, Aktor Terbaik 1993 Parampara Ranbir Prithvi Singh
Hum Hain Rahi Pyar Ke Rahul Malhotra Nominasi, Aktor Terbaik 1994 Andaz Apna Apna Amar Manohar Nominasi, Aktor Terbaik 1995 Baazi Inspector Amar Damjee
Aatank Hi Aatank Rohan
Rangeela Munna Nominasi, Aktor Terbaik Akele Hum Akele Tum Rohit
1996 Raja Hindustani Raja Hindustani Juara, Aktor Terbaik 1997 Ishq Raja
1998 Ghulam Siddharth Marathe Nominasi, Aktor Terbaik
Nominasi, Pengisi Suara Lagu Terbaik 1999 Sarfarosh Ajay Singh Rathod Nominasi, Aktor Terbaik Mann Dev Karan Singh
Earth (1947) Dil Navaz
2000 Mela Kishan Pyare
2001 Lagaan Bhuvan Juara, Aktor Terbaik Dil Chahta Hai Akash Malhotra Nominasi, Aktor Terbaik 2005 Mangal Pandey: The Rising Mangal Pandey Nominasi, Aktor Terbaik 2006 Rang De Basanti Daljit Singh 'DJ' Juara, Penampilan Terbaik
Nominasi, Aktor Terbaik Fanaa Rehan Quadri
2007 Taare Zameen Par (Like Stars On Earth) Ram Shankar Nikumbh Nominasi, Aktor Pendukung Terbaik 2008 Ghajini Sanjay Singhania Nominasi, Aktor Terbaik 2009 Luck by Chance Himself Bintang Tamu Three Idiots Rancho Film Delhi Belly Bintang Tamu Film
 Latar Belakang Musik
Tahun Film Lagu 1998 Ghulam Aati Kya Khandala 2000 Mela Dekho 2000 Zamana Aa Gaya 2005 Mangal Pandey: The Rising Holi Re 2006 Rang De Basanti Lalkaar Fanaa Chanda Chamke 2007 Taare Zameen Par (Seperti Bintang Di Bumi) Bum Bum Bole
 Produser
Tahun Film Sutradara Catatan 2001 Lagaan Ashutosh Gowariker Juara, Film dengan Penyajian Terbaik
Juara, Film Terbaik 2007 Taare Zameen Par (Like Stars On Earth) Aamir Khan Juara, Film Terbaik 2008 Jaane Tu Ya Jaane Na Abbas Tyrewala Nominasi, Film Terbaik 2009 Delhi Belly Abhinay Deo
 Penulis/Sutradara
Tahun Film Catatan 1988 Qayamat Se Qayamat Tak Penulis Cerita 1993 Hum Hain Rahi Pyar Ke Penulis Naskah 2007 Taare Zameen Par (Seperti Bintang Di Bumi) Sutradara
Juara, Sutradara Terbaik


· · · Bagikan · Hapus

Tidak ada komentar :

Posting Komentar